Kamis, 31 Maret 2011

TAHUN 2011 DANA BOS BERGULIR KE GARUT 191 MILIAR LEBIH


Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah Dasar dan SMP, Pemerintah sudah mengalokasikan dana melalui BOS (Biaya Operasional Sekolah) SD dan SMP. Untuk Kab. Garut saja, tahun 2011 sekarang ini besaranya mencapai Rp 191 Miliar lebih. Dana tersebut digunakan untuk membantu Operasional Sekolah serta siswa.
Namun dikatakan Kabid Data Disdik Garut, Drs. Yuda dan Kasi Pengawasan Bidang Data, Nurdiaman, M.M.pd, pelaksanaan BOS sekarang ini beda dengan tahun tahun sebelumnya. Hal itu menurut Yuda, dikarenakan adanya perubahan dari Pemerintah Pusat itu sendiri. Sebelumnya dana BOS langsung diterima oleh masing masing Kepala sekolah, namun sekarang ini terjadi perubahan.
Dana Bos masuk dulu ke Kasda (Kas daerah), sehingga dalam pencairanyapun harus mengikuti proses APBD. Dan itu menurut Yuda menjadi hambatan, sehingga ada gangguan dalam kelancaran pencairanya. Selain terganggu oleh peraturan Pusat yang baru, juga keterlambatan pencairan dana BOS di Garut karena kekosongan Sekda beberapa waktu lalu. Sehingga itu pun sangat berpengaruh dalam pengesahan APBD.
Dikatakan Kasi Pengawasan, Nurdiaman, M,M.pd, penggunaan dana BOS sekarang mengacu pada Permendiknas No.37 tahun 2010., yakni untuk belanja jasa, belanja pegawai serta belanja modal. Sementara penggunaan lainya mengacu pada 11 program, diantaranya, digunakan untuk rehab kecil di sekolah, pembayaran honor guru serta peningkatan atau pengembangan profesi guru.
Dikatakan Nurdiaman, Kabupaten Garut termasuk Kabupaten yang tercepat dalam mencairkan dana BOS tahun ini. Bahkan tandasnya, Garut masuk ranking ke 78 di Indonesia yang tercepat mencairkan dana BOS tersebut. Sementara masih banyak Kabupaten di Indonesia yang hingga saat ini masih belum bisa mencairkan dana BOS dengan alas an administerasi.
Sementara penggunaan dana BOS di garut hingga saat ini, memang terarah serta senantiasa mengacu pada juklak dan juknis yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Pusat. Bahkan bisa dikatakan ,Garut menjadi “Pilot Project” oleh kabupaten lain dalam keberhasilan penggunaan dana BOS tersebut.
Hasil pemeriksaan, Garut selalu bagus. Baik dalam administerasi maupun dalam hal hal teknis lainya. Dan menurut Kasi Pengawasan Nurdiaman, kondusifitas Garut dalam menjaga penggunaan dana BOS ini akan dipertahankan sampai nanti.- YR.-

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons