Rabu, 06 April 2011

SMKN 1 GARUT CETAK SISWA SIAP PAKAI

Memiliki perjalanan panjang dalam hal peraihan prestasi dan itu tidak dapat dipungkiri hingga sekarang. Karena pada menjelang akhir 1960-an, Sekolan yang dikenal “ SMEAN “ ini dulunya, ternyata bukan sarat dengan prestasi belaka tetapi lebih dari itu. Salah satu contohnya, saat itu setiap ada event yang mempertandingkan masalah seni budaya sunda teruitama kesenian tradisionil, SMEAN Garut selalu menjadikan sangian berat bagi sekolah  sekolah lain di Jawa Barat. Hal disebabkan dengan seringnya meraih prestasi terbaik untuk tingkat Jabar.  Terutama untuk katagori, seni  tradisionil semecam “ gondang, Ketuk tilu, Calung  “ serta yang lainnya.
“ Sampai saat ini tetap kami pertahankan “, kata Kepala SMKN 1 Garut, Drs.H. dadang Johar Arifin,MM, saat menerima Cang Anwar dari Muller di ruang tamu Sekolahnya belum lama ini, saat itu ia didamping WakilKepala Bagian Humas, Ruchyat Syadili.S.Pd dan Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, Hj.Nena Juaresna,S.Pd. Namun untuk saat ini, tambahnya disesuaikan dengan perkembang jaman dimana anak  anak meminta ada tambahan. Yaitu untuk kesenian tradisionil, seperti yang diwariskan oleh para alumni terdahulu yang kini rata  rata usianya sudah diatas enam puluhan, diantaranya rampak sekar, reog, tari topeng, jaipongan dan jenis kesenian pop. Sedang untuk jenis kesenian reog, di SMKN 1 ini, personilnya semuanya wanita, dikarenakan banyaknya siswa wanita yang menuntut ilmu di sekolah kejuruan ini. 
“ Sekarang ada lebihnya, tidak sebatas untuk perayaan seperti perpisahan siswa yang khusus intern. Kini tim kesenian SMKN 1 Garut siap untuk tampil dimana saja di masyarakat yang memang memerlukannya “, tegas H. Dadang Johar. Malah, ada beberapa instansi serta dari kalangan masyarakat selalu memakai tim kesenian tersebut untuk  perayaan peresmian atau yang lainnya. “ Hal itu kami layani dengan baik karena untuk bekal anak  anak  serta pengalaman manggung “, ujarnya pula. Bukan hanya sebtas Garut, tetapi di tingkat Jawa Barat  pun pernah turut tampil di ekspo SMK, dengan mendapat sambutan positif. 
Sementara motifasi yang diberikan kepada para siswa dalam hal kesenian ini yang kini sudah menjadi salah satu bagian di kurikulum tersebut, agar mereka lebih cinta terhadap kesenian tradisionil yang merupakan warisan dari para orang tua. Tetapi tidak melewatkan kesenian modern yang kini ada. Kesenian , merupakansalah satu faktor yang menunjang kelulusan.
“ Sehingga dengan sendirinya para siswa sudah mengerti betapa pentingnya  belajar kesenian di sekolah “, tegas Ruchyat Syadili menambahkan. Seraya ia pun menjelaskan pula, untuk tenaga pelatih yang mengajarkan masalah kesenian tersebut, semuanya merupakan guru  guru yang ada di SMKN1. Baik itu sebagai guru tetap yang berpredikat PNS maupun honorer. Kelebihan lain dari SMKN 1 ini mengenai kesenian, terutama tradisionil, para siswa bukan hanya sebatas diajarkan “ nembang “ atau menari sunda, tetapi diharuskan pula bisa memainkan instrumennya. Tujuannya, agar mereka tidak akan mengalami kesulitan apabila disaat mentas kemudian kekurangan personil yang bisa menabuh gamelan dan yang lainnya.
Pelajran kesenian ini berlaku untuk semua kelas tanpa ada kecuali, dan dilaksanakan setiap Sabtu untuk mengikutinya. Kecuali apabila akan mengikuti sebuah kejuaraan atau pagelaran, jadwal latiahnya ditambah, bisa setiap hari selepas jam pelajaran formal lainnya.
Pesatnya perkembangan kesiswaan dan peningkatan program membelajaran di SMKN 1 ini setelah adanya kepemimpina, Drs.H.dadang Johar Arifin, MM. Hal itu diakui oleh semua guru dan siswa. Kemudian yang menjadi visinya menciptakan ” Terwujudnya SMKN 1 Garut menjadi SMK unggulan di tingkat nasional maupun internasional di tahun 2014 “. Nampaknya menuangkan visi tersebut tidak asal dan berlebihan, sebab akreditasi yang berhasil diraih oleh sekolah dan menjadi mata pelajaran khusus bagi siswanya. Diantaranya, kompetisi keahlian Multi Media berhasil B,kompetisi keahlian Administrasi perkantoran nilai A,dibindang keahlian akutansi, sama, A, kompetisi bidang penjualan,B,Bidang keahlian teknik computer dan jaringan nilainya sedang diproses, kompetisi bidang broadcasting serta kompetisi keahlian farmasi, keduanya sama sedang diproses.
Pihaknya sekolah  tidak hanya mendidik, tetapi ikut bertanggung jawab pula terhadap para siswanya pasca sekolah, yaitu dengan cara membantu mereka mendapatkan pekerjaan. Sebab SMKN memiliki tanggung jawab terhadap para anak didik yang diajarkan sebagai manusia siap pakai. Konsep ini dilaksanakn dengan cara bersinegi dengan perusahaan  perusahaan di Jawa Barat melalui bursa kerja khusus sekolah.
Pelaksanaan praktek kerja lapangan, menurut Waka Bidang Humas, untuk kelas 10 (1), dilaksanakan di warung yang ada di sekolah. Sedang bagi kelas 11 serta 12 dilaksanakan di Pusat perbelanjaan Patriot. Malah bila perlu bias dilakukan di luar Garut sepertti Bandung, Jakarta serta kota  kota lain. Malah pernah sampai ke Malaysia dalam melaksanakan PKL tersebut. Yang dalam hal itu dilakukan secara kerja sama dengan perusahaan  perusahaan yang bertaraf internasional.
“ Untuk masalah pembiayaan keperluan PKL tersebut selain dari sekolah juga ada bantuan dari para orang tua siswa “, paparnya.
Prestasi lain yang berhasil disandang oleh SMKN 1 Garut ini, salah satunya berhasil memboyong prestasi sebagai sekolah berwawasan lingkungan ke satu tingkat Kabupaten Garut.
Melihat sarana dan prasarana yang ada di SMKN 1 ini, nampaknya sudah terpenuhi seluruhnya dari mulai ruang kelas, perpustakaan, sarana laboratorium, tempat praktek siswa hingga gedung serba guna tersedia. Malah belum lama ini, pihak sekolah menyelenggarakan kegitan rutin kejuaraan sepak bola sejenis futsal  tingkat SLTP yang digelar lapangan olah raga milik sekolah. Begitu pula dengan masalah ketertiban dan keamanan sangat terjamin, karena sekeliling lokasi sekolah sudah dibenteng serta bagian pintu depan ada petugas keamanan yang selalu siap setiap saat. Dibidang ke siswaan, dilengkapi pula dengan oerganisasi kesiswaan, serta ekstra kulikulernya, Pramuka, Paskibra, PMR, Kesenian, Seni Teater, Seni Musik,Tari,Seni Kriya,Keagamaan DKM, English Club,Story Reading,Debate, Presentation,Quiz, English Day dan Production House Film.-

1 komentar:

faqih abdillah mengatakan...

bidang keahlian electronik di SMKN 1 GARUT ada tidak ?

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons